Rabu, 24 Juni 2009

Kandang Bebek Baru

Kandang baru untuk bebek DOD udah jadi. Sekarang dengan tambahan 3 kandang baru, kami bisa menampung sekitar 8000 ekor bebek secara total.
Jumlah kandang akan ditambah lagi, sampai nantinya kami berencana bisa memproduksi 5000 bebek sebulan.
Untuk saat ini kami baru bisa memproduksi sekitar 2500 ekor bebek per bulan. Dari pengalaman kami tentang kandang ada beberapa hal yang cocok dan perlu diperhatikan untuk peternakan bebek kami antara lain :
1. Kandang di tanah
Sejak DOD bebek kami sudah langsung di kandang tanah, bukan kandang panggung. Kandang tanah lebih enak ngaturnya, lebih mudah membersihkannya dan lebih hangat. Disamping itu kotoran tidak menumpuk seperti pada kandang panggung.
2. Atap jerami
Kami pernah mencoba pake terpal seperti yang pernah kami baca dari buku, namun ternyata banyak kekurangan atap terpal, seperti tidak tahan lama,mudah sobek karena terkena angin, dan panas. Berbeda dengan atap jerami, lebih awet, lebih adem dan jelas tidak mudah sobek.
3. Alas dari jerami
Sebaiknya alas diberi jerami, karena memang bebek lebih senang dan nyaman dengan jerami. Di tempat kami sekali kali juga diberi sekam, namun setelah itu diberi jerami lagi. Kalau hanya sekam, waktu mereka lapar kurang pakan kadang sekam tsb juga dimakan. Disamping itu pada sekam juga terdapat kutu2 kecil yang bisa menyebabkan penyakit pada bebek.
4. Kandang perluasan
Ketika bebek mulai tumbuh besar kita harus sudah punya kandang lain yang lebih besar agar bebek yang sudah mulai besar tsb tidak berdesak2an yang bisa menyebabkan saling tindih yang akhirnya bisa menyebabkan lumpuh.
5. Antisipasi hujan
Karena dari DOD bebek kami sudah di tanah, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah pengaturan agar ketika hujan air tidak sampai masuk kandang. Hal ini bisadilakukan dengan mengatur saluran air dan peninggian tanah kandang secara berkala.
6. Tempat mandi / kolam
Memang beternak bebek bisa dengan cara kering (tanpa kolam). Namun dari pengalaman dan percobaan sebaiknya ada kolamnya, karena secara alami bebek memang butuh air yang banyak. Kami ada bebek yang diternak dengan cara kering dan basah(ada kolam). Ternyata memang lebih baik yang ada kolamnya, karena dengan adanya kolam tsb bebek bisa lebih senang shg tidak mudah stress, trus bebek bisa selalu membersihkan bulunya dengan cara mandi setiap hari, dan karena bebek sering mandi tsb bebek lebih bebas dari penyakit karena bersih, dan bulu2nya lebih cepat tumbuh.

Itulah beberapa hal tentang kandang bebek yang sangat penting bagi peternakan bebek kami. Tapi belum tentu cocok lho untuk peternakan bebek lain, tergantung situasi dan kondisi lingkungan peternakan.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, sangat membantu mas..
tanks infonya...
aku pengen coba coba nih.. liat bebek yang digambar bikin aku gregetan.. jd kepingin ngikuti jejak memelihara bebek..

sikha mengatakan...

bisa jadi pengepul DOD jugak gak, soalnya kita sefikit kesulitan pemasaran setelah menetas.......tolong komfirmasi ke harie_sipil@yahoo.com... tnks y mas..

Anonim mengatakan...

Tepung Ikan Unggulan - Untuk Unggas/Itik Petelur & Pedaging
Salam Kenal ..
Saya Tanto. Saya bekerja di pabrik Pt. Tepung Emas. Kami Produsen tepung ikan yang berlokasi di jl. Raya bypass krian kav. 101 – Sidoarjo.
Kami memproduksi tepung ikan dengan kadar protein 45% – 50%. Bahan baku : pilet ikan surimi, ikan petek, ikan tuna dan Bone Meal ( tepung tulang sapi)
Adapun spek Tepung Ikan :
- Protein : 45% - Harga : Rp. 4.700/kg
- Protein : 50% - Harga : Rp. 5.800/kg
- Moisture ; Max. 12%
- Kalsium : Min. 10%
- Phosfor : Min 4%
- Serat kasar : max. 5%

Tepung ikan yang kami produksi menggunakan campuran atau tambahan “Bone Meal” untuk menaikkan kadar kalsium.
Kandungan kalsium (Ca) yang ada pada Tepung Ikan kami hampir sama dengan jumlah kandungan kalsium (Ca) pada MBM. sangat sesuai untuk unggas (Ayam dan Itik) petelur dan pertumbuhan unggas (fase grower - fase finiser).
Kalsium merupakan unsur yang paling esensial dalam pembentukan kulit telur dan untuk menghasilkan kualitas telur terbaik. Kalsium yang baik juga membantu penguatan tulang unggas. Pada akhirnya bisa menambah bobot unggas.
Dengan harga dan kualitas tepung ikan plus bone meal yang baik dari kami, mudah-mudahan bisa membantu peternak dalam meningkatkan produktifitas dan meringankan biaya pembuatan pakan.
Trima kasih.
Contack person: TANTO
Tlip: (031)70889819, 08121740404, 08175003911
Email : hartanto_te@yahoo.co.id
YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id
Untuk awal pemesanan dan untuk pembuktian akan kualitas tepung ikan kami, pemesanan order bisa 1 ton.
Kami siap mengirim contoh tepung ikannya (beserta hasil analisa dari UNER) ke alamat Bpk/Ibu.
Selama penggunaan tepung ikan kami, kami akan selalu berkomunikasi dengan pelanggan kami.
Kalau ada kualitas yang baik dan murah ngapain beli yang mahal.
*** Selamat mencoba***

«» Kami juga memproduksi Tepung Mie Bihun dari bahan baku remah-remah mie bihun. Remah-remah mie sudah lama di gunakan peternak bebek dan lele untuk campuran pakan. Karena Kandungan karbohidratnya yang baik, sangat bagus untuk pertumbuhan bebek dan lele. Mie putih (mie mihun) sudah kami giling menjadi tepung sehingga peternak bebek dan lele bisa langsung campurkan ke pakan. Mie putih (mie mihun) sudah lama digunakan oleh peternak bebek
Pemakaian mulai DOD (meri) sampai siap panen.
Tanto.
Tilp:
08121740404,08175003911Email:
hartanto_te@yahoo.co.id

Tepung Ikan mengatakan...

Pakan Tepung Komplit BR-101 untuk Itik Pedaging
Salam kenal..
Harga pakan yang terus naik tidak sebanding dengan harga jual telur bebek. Masalah klise ini terus berulang tanpa solusi yang tepat untuk membangkitkan para peternak Itik. Akibatnya mereka sulit mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik.
Pakan merupakan kebutuhan pokok dalam suatu usaha peternakan . Sekitar 70% biaya yang harus dikeluarkan merupakan biaya pakan, sehingga kualitas pakan perlu mendapatkan perhatian bagi setiap peternak Itik Pedagig. Semakin baik kualitas pakan yang diberikan ternak, maka semakin baik pertumbuhan itik . Selain berkualitas baik, pakan juga harus murah, sehingga memberikan keuntungan bagi peternak. Pakan yang mahal, sekalipun berkualitas baik, akan kurang menguntungkan bagi peternak. pakan tepung komplit BR-101 merupakan jawaban dari masalah tersebut. Selain berkualitas , juga berharga murah, sehingga terjangkau dan memberikan keuntungan bagi peternak.
Dalam upaya membantu peternak, kami memproduksi Pakan Tepung Komplit BR-101 dengan harga yang terjangkau .
Harga Pakan Tepung Komplit BR-101 Rp. 230.500/sak
Bahan baku yang di pakai BR-101:
Tepung Ikan,Bungkil Kedelai,Tepung Tulang Sapi,Formula Probiotik,Vitamin dan Trace Mineral.
Kandungan Nutrisi :
Protein 20% - 21%
Lemak kasar Mak. 5%
Serat Kasar Mak. 5%
Kalsium Min. 1,2%
Phospor Min. 0,4%

Aplikasi pemakaian:
I. Fase Starter. 1 - 10 hari.
- Campuran pakan : BR.511 (phokpand) murni.

II. Fase Grower. 11 - 20 hari.
- campuran pakan : BR.1 (comfeeds) : BR-101. perbandingan ( 1 : 1 )

III. Fase Peralihan 21 - 30 hari.
- campuran pakan : BR.1 (comfeeds) : BR-101. Perbandingan ( 1 : 2 )
IV. Fase Finisher 31 - 40 hari.
- campuran pakan : BR. 1 (comfeeds) : BR-101. Perbandingan ( 1 : 4 ).

**. Pada usia 30 hari bobot itik bisa mencapai 1,2 kg
Setelah menggunakan campuran pakan tepung komplit BR-101, ada penghematan biaya pakan. Peternak bisa membuktikannya.
Kami berkomitmen menjadikan produk dan pelayanan dengan mutu terbaik bagi pelanggan, sehingga memberi manfaat besar bagi peternak.

CV. Tepung Emas
Contack Person : TANTO
Tilp: 031-70889819,08121740404,08175003911
Email: hartanto_te@yahoo.co.id atau hartanto.te@gmail.com
YM : hartanto_heru_p@yahoo.co.id